Jumat, September 12, 2008

Membuat Uang Mengejar Kita

JOSEPH AS - Kutipan Financial Revolution - TDW
Ada 5 unsur untuk membuat uang mengejar kita:

Kita harus mempunyai nilai tambah
Bila uang bagaikan air dan kita ingin air itu mengalir ke danau kekayaan kita, alangkah baiknya jika kita membuat gunung nilai tambah terlebih dahulu disekitar danau kita. Dengan gunung nilai tambah itu air akan mengalir dengan sendirinya kedanau kita.
Misalkan saja anda penjual soto. Pertanyaanya: Apa kelebihan (nilai tambah) soto anda dibandingkan dengan soto yang lain? Mungkin anda bisa saja merasa bahwa soto anda lebih sehat, lebih enak, lebih murah dibanding yang lain, namun nilai tambah ini harus benar-benar dimengerti oleh pelanggan anda.
Tidak ada gunanya menyebutkan nilai tambah tersebut jika pelanggan tidak merasakannya.
Jika anda belum memiliki nilai tambah, mulailah mengubah & menambah.


Harus Dikomunikasikan
Walau kita memiliki nilai tambah, tetapi bila tidak dikomunikasikan, orang tidak akan mengetahuinya. Bila orang tidak tahu, perkembangan bisnis anda akan sangat lambat. Banyak orang yang mempunyai bisnis, dengan produk atau jasa yang mempunyai nilai tambah dibanding produk lain, tetapi tidak mengkomunikasikannya, baik melalui promosi maupun dengan cara yang lain. Akibatnya produk atau jasa tadi tidak meledak.

Kepada Orang yang Tepat
Bila kita sudah mempunyai produk atau jasa yang mempunyai nilai tambah, nilai tambah ini harus dikomunikasikan kepada orang yang tepat. Tidak ada gunanya memiliki nilai tambah bila kita mengkomunikasikan hal itu kepada orang yang bukan target market produk atau jasa ini. Tidak ada gunanya promosi mobil mewah kepada pengemis di pinggir jalan. Dengan segenap kelebihannya pun mobil mewah tadi akan sulit sekali terjual.

Dalam Jumlah yang Banyak
Apabila kita sudah mengkomunikasikan kepada orang yang tepat, bisa jadi orang tadi akan mau membeli. Tetapi bila komunikasi itu kita lakukan satu per satu, akan sangat lama prosesnya. Apabila anda menghendaki uang mengejar anda, anda harus mengkomunikasikan nilai tambah anda kepada
orang yang tepat dalam jumlah yang banyak.
Akan sulit kalau kita harus mengejar-ngejar orang agar orang tersebut mau membeli produk atau jasa kita. Jauh lebih menguntungkan kalau orang-orang mengejar kita untuk memperebutkan barang kita yang terbatas.

Dengan Cara yang Tepat
Isi promosi yang tepat: Memiliki Ultimate Advantage atau nilai tambah.
Sensational Offer berupa penawaran, hadiah, diskon serta limit atau batas.
Beri tambahan bagi orang yang take action pada saat itu juga.
Powerfull Promise: berikan money back guarantee untuk memberikan jaminan kepada pelanggan anda bahwa barang yang dibeli benar-benar bermanfaat bagi mereka. Selalu Under Promise Over Delivery

Sarana Promosi Yang Tepat
Promosi yang paling dipercaya adalah word of mouth atau referensi yang diberikan secara sukarela dan gratis oleh orang lain karena mutu kita sangat mengesankan. Yang paling cepat dan murah adalah public relation atau press release.

Waktu & Tempat yang Tepat
Tidak semua waktu iklan radio atau televisi adalah saat yang tepat. Bila target kita adalah kaum eksekutif, jam yang paling tepat adalah ketika jam pulang kerja. Tidak semua iklan koran bermanfaat. Tidak semua halaman mempunyai efek yang sama. Untuk mengetahui hal tersebut, terlebih dahulu kita harus melakukan tes & pengukuran, lakukan tes dengan satuan terkecil yang memungkinkan.


Baca Selengkapnya.....