Sabtu, April 12, 2008

Pikiran Kita Adalah RAJA


Di dalam melakukan sesuatu, PIKIRAN selalu menjadi tolak ukur untuk dapat melakukan atau tidak melakukan, baik itu berupa perbuatan, ucapan, Prilaku, Sifat, Konsep Ide dan sebagai nya. Disini peran pikiran sangatlah berperan penting untuk menentukan atas apa yang akan diperbuat oleh setiap Orang/individu,

karena setiap perbuatan yang tidak didasarkan atas pikiran itu dapan dikatan sesuatu yang konyol. Tidak mungkin sesuatu dapat dilakukan tanpa didasari dengan pemikiran, contoh : kita tidak akan bisa punya cita-cita kalo tidak punya dasar pemikiran, mobil tidak munkin dapat diciptakan tanpa adanya ide yang dilandasi pemikiran, Pesawat tidak munkin bisa terbang kalo ide tidak didasari pemikiran yang kongkrit dan sebagainya; bahkan negara pun tercipta atas dasar PIKIRAN. Jadi PIKIRAN adalah Pangkal dari Segala Tindakan.
Ada Ungkapan Bijak mengatakan JADIKAN PIKIRANMU RAJA DALAM HIDUPMU, BUKAN BUDAKMU; dari ungkapan tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa pikiran itu bertindak sebagai RAJA (King) dalam diri kita, bukan BUDAK, dan Pikiran juga mempunyai Penasihat Yang Luar biasa Unggul untuk Menyaring segala sesuatu yang terkonsep oleh pikiran, Apakah pikiran itu baik atau tidak, pantas atau tidak pantas, bermutu atau tidak bermutu, unggul atau biasa aja maka sang penasihat lah yang dapat menyaring atau memfilter semua itu, penasihat tersebut tidak lain adalah HATI Nurani. Dalam setiap diri manusia pastilah punya hati nurani, Hati ini merupakan organ Vital yang super sensitif terhadapa suatu inputan yang masuk didalam nya, makanya kita selalu merasa tidak enak apabila telah melakukan hal yang tidak baik, maka tiba tiba perasaan kita menjadi tidak enak, merasa berslah atau sebagainya, itu merupakan bukti bahwa inputan itu telah tersaring/terfilter oleh Hati. Tetapi perlu kita ketahui meskipun Pikiran bertindak sebagai raja, tidak semua yang dihasilkannya itu positif atau baik, pikiran juga dapat menghasilkan sesuatu yang jelek. Maka dari itulah peran Hati Nurani sangat sangat dibutuhkan sebagi penasihat, pengontrol dan pengendali dari Pikiran. Dan sebagai manusia yang berkualitas tentunya kita akan selalu atau bahkan selalu berfikir yang positif, karena dengan berfikir positif maka peran pikiran sebagai raja menjadi sangat baik, kuat, tangguh, bernilai tinggi serta Berwibawa. BOB PROCTOR dalam buku The Secret Mengunkapkan ( Jika anda dapat memikirkan apa yang Anda inginkan di dalam Benak, dan menjadikannya Pikiran yang Dominan, Anda Akan Mendatangkan keiginan itu kedalam Hidup Anda ).

Sekian, Semoga BERMANFAAT.


Oleh : Diedik Ruswanto