Senin, Maret 17, 2008

Anton Gunawan Jadi Ekonom Kepala Danamon

Dikutip dari : http://www.swa.co.id
Selasa, 11 Maret 2008
Oleh : Taufik Hidayat

PT Bank Danamon Indonesia Tbk. (Danamon) mengangkat Anton Gunawan sebagai Chief Economist dan Head of Economics and Markets Research, di divisi Treasury and Capital Markets & Financial Institutions (TCM & FI) Danamon. Reputasi dan pengalaman yang dimiliki Anton di berbagai area di bidang keuangan, dianggap cukup mumpuni untuk jabatan tersebut. Anton juga akan terlibat dalam pembentukan tim Economics and Markets Research untuk mendukung kegiatan bisnis tresuri, pasar modal dan institusi keuangan Danamon.

"Saya yakin bahwa Anton akan berperan besar dalam membantu bisnis dan nasabah kami mendapatkan pengetahuan dan perspektif mengenai perekonomian Indonesia dan pasar keuangan internasional," kata Sebastian Paredes, Direktur Utama Danamon.

Alfin Tolib, Business Head TCM & FI Division Danamon, menyebutkan bahwa dengan perannya untuk membentuk tim baru, Anton juga akan memainkan peran penting dalam
membawa platform bisnis TCM & FI Danamon ke tingkatan baru dan mendukung pertumbuhan trading dan sales Danamon.

Sebelum bergabung dengan Danamon, Anton bekerja selama lebih dari 7 tahun di Citibank sebagai Country Economist for Indonesia, di bawah the Asia Pacific Economic and Market Analysis (AP EMA), sejak November 2000. Anton bekerja selama 11 tahun di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI), mulai dari asisten dosen, di mana posisi terakhirnya adalah sebagai Direktur Riset di Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) di Universitas tersebut. Sepanjang kurun waktu tersebut, Anton juga mengajar di program S1 dan pasca sarjana.

Anton adalah anggota tim penasihat Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin Indonesia), dan sebelumnya menjabat sebagai anggota Focus Group Perbankan dan Pasar Modal Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI). Anton memegang gelar MPhil dalam
bidang ekonomi dari Columbia University, MA dalam bidang ekonomi dari University of Chicago, dan SE (Sarjana Ekonomi) dalam bidang Ekonomi dan Studi Pembangunan dan Universitas Indonesia, Jakarta.